Kita mungkin lebih sering fokus pada isi dokumen ketimbang bagian lain
yang juga penting, seperti daftar isi. Sehingga bagian ini sering dikerjakan
belakangan dan kadang karena diburu waktu, kita tidak sempat memperbaikinya
bila ada perubahan pada dokumen. Hal di atas sering terjadi bila membuat daftar
isi secara manual. Oleh sebab itu, ganti cara manual dengan fitur yang sudah
disediakan oleh Microsoft Word. Fitur ini dapat membantu membuat daftar isi
dengan cepat dan seandainya ada perubahan pada nomor halaman dan judul dalam
dokumen, kita dapat melakukan update daftar isi dengan beberapa perintah
sederhana saja.
Menandai Bagian untuk Daftar Isi
Sebelum
membuat daftar isi, kita perlu menandai bagian-bagian mana saja yang akan
ditampilkan dalam daftar isi. Bagian tersebut biasanya berupa heading atau
judul bab, contoh: Bab 1 Pengantar, 1.1 Pengenalan Microsoft Office 2007, dan
sebagainya. Cara mudah untuk membuat heading adalah menggunakan heading styles
yang sudah disediakan (built-in sytles) oleh Microsoft Word, yaitu Heading 1
sampai dengan Heading 9. Lebih jelasnya tentang cara menggunakan Styles, dapat
dibaca di artikel ini: Menggunakan Styles di Word 2007: Untuk Menjaga Format
yang Konsisten pada Dokumen. Selain menggunakan built-in sytles, kita juga
dapat membuat daftar isi berdasarkan custom styles yang kita gunakan, misalnya
style yang kita buat sendiri.
Cara Membuat Daftar Isi
Setelah menandai bagian untuk
daftar isi, maka bisa dilanjutkan ke tahap pembuatannya.
Membuat Daftar Isi dari Built-In Heading
Styles
1. Gunakan cara ini bila dokumen menggunakan heading styles seperti
Heading 1, Heading 2, dan seterusnya. Klik pada bagian halaman yang ingin
ditaruh daftar isi (biasanya di awal dokumen).
2. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents,
pilih gaya daftar isi yang diinginkan.
3. Format tampilan daftar isi.
Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents dan kemudian klik Insert Table of Contents untuk mengatur hal-hal berikut:
* Tab leader, untuk membuat tab
leader antara teks dan nomor halaman, antara lain: garis putus-putus,
titik-titik atau tidak menggunakan tab leader.
* Formats, untuk memilih format
tampilan daftar isi, seperti: template dokumen (sesuai dengan format yang kita
buat), atau format lain yang sudah disediakan oleh Microsoft Word seperti
Classic, Fancy dan sebagainya.
* Show levels, ganti angka pada kotak
di sampingnya untuk menambah/mengurangi level heading yang akan ditampilkan
dalam daftar isi.
Membuat
Daftar Isi dari Custom Styles
1. Gunakan cara ini bila menggunakan custom style pada heading untuk
daftar isi, contoh: Title style atau style yang kita buat sendiri. Klik pada
bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi.
2. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents,
dan kemudian Insert Table of Contents.
3. Klik Options.
4. Di bagian Available styles, pilih style yang digunakan untuk heading
dalam dokumen dengan mengisi angka pada kotak di TOC level.
5. Pada TOC level, isi angka 1 sampai 9 untuk menentukan level pada
heading style.
Catatan: Jika menggunakan custom styles, hapus angka TOC level untuk
built-in styles, misalnya: Heading 1.
6. Ulangi langkah 4 dan 5 untuk setiap heading style yang ingin disertakan
dalam daftar isi.
7. Klik OK.
Cara Update Daftar Isi
1. Pada References tab, Table of Contents group, klik Update Table.
Atau klik di bagian daftar isi sehingga
muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik Update Table.
2. Klik:
* Update page numbers only, bila
perubahan hanya pada nomor halaman karena jumlah halaman bertambah/berkurang
atau format nomor halaman berubah.
* Update entire table, bila ada
penambahan/pengurangan heading atau bila ada perubahan teks pada heading.
Cara Menghapus Daftar Isi
1. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents.
2. Klik Remove Table of Contents.
sumber:http://computer1001.blogspot.com/2009/01/membuat-daftar-isi-table-of-contents-di.html
0 komentar:
Posting Komentar